Home / Tips Caaantik / Memilih Foundation Liquid atau Foundation Padat

Memilih Foundation Liquid atau Foundation Padat

memilih_foundation_liquid_atau_padat

Foundation makeup adalah kunci apakah riasan Anda akan terlihat baik atau buruk. Penerapan foundation  akan membantu untuk kelancaran keluar warna kulit Anda, menyembunyikan noda dan memberikan cahaya yang lebih sehat. Memakai makeup tanpa foundation benar-benar dapat meningkatkan masalah kulit dan membuatnya tak sedap dipandang. Tapi sebelum Anda pergi ke toko, berikut adalah beberapa aturan dasar yang harus diikuti ketika akan memilih foundation.

Cara Memilih Foundation

Pertama, Anda harus memilih warna yang tepat untuk warna kulit Anda. Sering kali, orang memilih foundation yang terlalu terang dan membuat wajah mereka terlihat pucat atau terlalu gelap. Perbedaan warna yang terlalu kontras akan membuat perbedaan di garis leher pula. Sehingga seolah-olah Anda memakai topeng. Warna foundation yang Anda pilih harus berbaur dengan warna kulit alami Anda.

Juga perlu diingat bahwa warna kulit Anda dapat berubah-ubah. Di musim panas, Anda kemungkinan besar akan membutuhkan warna dasar sedikit lebih gelap, kulit Anda akan sedikit hitam karena efek cahaya matahari (bahkan jika Anda tidak sengaja terkena panas matahari -karena saat ini, matahari terasa lebih panas dari biasanya). Di musim hujan kulit Anda akan kembali cerah lagi ke warna aslinya dan Anda harus menggunakan foundation sesuai warna kulit alami Anda.

Memilih Foundation Liquid dan Padat

memilih_foundation_liquid_atau_padat1

Keputusan berikutnya adalah untuk menentukan apakah Anda akan memilih alas bedak liquid (cair) atau foundation padat. Hal ini cenderung menjadi pilihan yang lebih pribadi, meskipun ada pro dan kontra untuk kedua jenis.

Kebanyakan wanita tampaknya lebih memilih foundation liquid. Foundation liquid atau cair tampaknya lebih cepat dan lebih mudah untuk diaplikasikan. Selain itu, setelah dioleskan pada kulit, foundation liquid terlihat lebih alami dan lebih ringan serta memberikan efek kulit halus. Namun, cara pengaplikasiannya juga bisa membuat perbedaan. Memakai terlalu banyak akan menyebabkan garis-garis dan bintik-bintik yang timbul pada kulit Anda. Gunakan spons makeup daripada menggunakan jari akan membantu proses pengaplikasian foundation dan menciptakan hasil yang halus. Oleskan sedikit foundation cair dan baurkan dengan hati-hati.

Keuntungan lain dari foundation cair adalah menyerap ke dalam kulit, sehingga Anda mendapatkan tampilan warna kulit yang lebih alami. Hasilnya pun sama pada masing-masing wanita dengan kulit kering, kulit normal, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan jenis kulit sensitif.

Foundation Padat adalah pilihan yang kurang populer, namun dapat bekerja sama baiknya dengan foundation cair. Sangat mudah untuk diaplikasikan dan ada sedikit pencampuran yang terlibat. Foundation padat juga bagus untuk orang-orang yang memiliki kulit sangat berminyak, cream/powder akan menyerap minyak dan mencegah penampilan berminyak. Anda juga bisa membawa foundation padat dengan Anda pada hari-hari ketika Anda perlu melakukan sedikit touch-up pada hari-hari yang panas dan lembab, untuk membersihkan wajah Anda dari minyak.

Namun masalah dengan foundation padat adalah terlihat berlapis pada wajah Anda jika dipakai pada cuaca hangat selama beberapa jam. Mereka juga cenderung luntur pada pakaian karena tidak menyerap pada kulit Anda.

Pilihan lain: Foundation Liquid-Powder

memilih_foundation_liquid_atau_padat2

Kombinasi foundation liquid-powder adalah pilihan lain yang mulai populer. Foundation makeup ini seperti bubuk, tapi mengandung campuran agak kental. Aplikasi foundation ini memberikan penampilan yang halus, seperti liquid, dengan manfaat penyerapan bubuk. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menerapkan jenis foundation ini, karena akan memberikan penampilan yang berlapis. Seperti liquid, kuncinya adalah untuk menerapkannya dengan ringan dan membaurkannya dengan baik. Kombinasi ini tidak terlalu bagus untuk orang dengan kulit kering karena juga akan memberikan penampilan kulit yang kurang merata. Pilih jenis produk jika Anda memiliki kulit normal cenderung berminyak.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda akan membeli sebuah foundation, Anda harus mengunjungi make-up counter yang memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai produk atau mencari seorang make-up artist profesional untuk membantu Anda dengan pilihan Anda. Bagi mereka yang memiliki masalah kulit, seperti jerawat yang parah, Anda harus mengunjungi dokter kulit terlebih dahulu. Mereka dapat membantu Anda dengan membuat pilihan bijaksana pada jenis foundation makeup yang cocok untuk anda, ditambah lakukan perawatan kulit lainnya untuk membantu menjernihkan masalah kulit Anda.

Ingat, teknik makeup terbaik dimulai dengan dasar yang baik dan sesuai untuk jenis kulit Anda dan warna kulit. Sebelum memilih foundation, kenali dahulu jenis kulit Anda sehingga Anda tidak sia-sia membeli foundation.

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

elsyoung

Rahasia Kulit dan Bibir Tetap Segar Selama Puasa

Selama puasa pasti kita akan mengalami dehidrasi. Kurangnya asupan air yang masuk ke tubuh membuat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..