Home / Tips Caaantik / Alasan Wanita Marah-Marah Ketika PMS

Alasan Wanita Marah-Marah Ketika PMS

Sejumlah novel dan cerita dari awal abad ke-18 dan ke-19 sering menggambarkan perempuan sebagai makhluk gila dan tidak rasional, dengan demikian, wanita selalu digambarkan tukang marah-marah di setiap karya sastra. Tapi, obat modern menghalau julukan “gila” ini. Dengan menyatakan bahwa hormon wanita lebih sensitif dan rentan terhadap perubahan dibandingkan dengan laki-laki, lebih banyak perhatian diberikan kepada kesehatan perempuan. Menstruasi, menopause, PMS, dan pre-menopause – ini adalah bagian tak terpisahkan dari topik kesehatan umum yang berkaitan dengan perempuan. Selain itu kesamaan menjadi bagian dari kesehatan wanita, fenomena ini karena satu hal: perubahan hormonal. Hormon yang berubah-ubah, mereka berubah dengan sedikit variasi pola makan atau aktivitas fisik. Kadang-kadang bahkan gejolak emosi dapat dengan mudah merusak hormon perempuan. Para peneliti kesehatan perempuan menjelaskan studi tentang hubungan wanita psiko-emosional kesejahteraan dan kesehatan fisik mereka. Namun hal tersebut ternyata tidak terlalu mempengaruhi, hormonlah yang menghubungkan segalanya.

Ketidakseimbangan hormon adalah penyebab yang biasa untuk sejumlah gangguan kesehatan pada wanita. Meskipun beberapa gejala yang berhubungan dengan penyakit lain, akar masalahnya pasti dikarenakan hormon yang tidak seimbang. Berbagai macam keluhan seperti topik mengenai kesehatan umum, mereka berkisar dari manifestasi fisik untuk masalah psikologis dan emosional. Manifestasi fisik dari ketidakseimbangan hormon termasuk kelelahan, lemah, berat badan, penurunan berat badan, masalah pencernaan, hot flashes, dan nyeri sendi. Gejala lain yang lebih jelas dan kurang berbahaya seperti rambut rontok dan kulit kering. Sayangnya, dengan tuntutan karir dan kehidupan keluarga, wanita sering mengabaikan gejala ini hanya sebagai akibat kerja berlebihan dan kelelahan keseluruhan. Beberapa upaya untuk menyembuhkan gejala ketidakseimbangan hormon dapat dilakukan dengan obat dan istirahat yang tidak bekerja. Ketidakseimbangan hormon membutuhkan perhatian medis dan suplemen hormonal untuk diperlakukan dengan baik. Jika tidak, gejala bertambah buruk dengan jantung berdebar-debar, peningkatan mual, gangguan pencernaan, nyeri payudara, dan kekeringan vagina. Kasus ekstrim bahkan termasuk perubahan dalam periode menstruasi dengan orang yang terkena baik menderita periode diperpanjang dan perdarahan atau memiliki total ketiadaan periode.

10_tips_untuk_mengatasi_pms3

Baca Juga: Cara Mengatasi PMS.

Jika gejala dan kondisi di atas cukup buruk, itu hanyalah aspek fisik ketidakseimbangan hormonal. Biasanya sebagai manifestasi dari gangguan psikologis lainnya, aspek psiko-emosional ketidakseimbangan ini sering mengganggu. Ada didokumentasikan kasus dimana orang-orang yang menderita mengaku tidak mampu berfungsi pada tingkat normal karena mengalami gejala. Beberapa gejala minor termasuk kecanduan dan perubahan suasana hati. Namun, jika gejala tidak menerima pengobatan, mereka maju ke kondisi yang lebih buruk seperti kurangnya keinginan seksual, depresi, insomnia, dan penalaran jelas. Ini tidak mengherankan bahwa bahasan tentang kesehatan umum dan kekhawatiran tentang wanita sering termasuk pada kesejahteraan wanita.

Tapi, ketidakseimbangan ini tidak penderitaan permanen. Dengan pola makan yang tepat, olahraga, suplemen, dan konseling, wanita bisa mendapatkan hormon mereka kembali ke jalur. Namun, deteksi dini merupakan faktor kunci dalam mengobati ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu penting untuk tidak mengabaikan gejala sebagai hanya sebagai bahasan kesehatan umum saja. Ketidakseimbangan hormon tidak hanya sebuah wacana hal ini nyata, dan terjadi pada lebih banyak perempuan sehari-hari.

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

Althea Raya

Althea Raya Edisi Spesial Lebaran

Memasuki Bulan Suci Ramadhan pastinya kita perlu melakukan banyak persiapan dong. Mulai dari makanan untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..