Home / Travel Story / Travel with Girly – Istanbul for Startup Istanbul 2016 with Cubeacon

Travel with Girly – Istanbul for Startup Istanbul 2016 with Cubeacon

It’s been so long since my last Travel With Girly post. Sebenernya Istanbul di Turki bukanlah salah satu wishlist tempat yang aku kunjungi. Mungkin aku kurang browsing kali ya jadi nggak tau kalo di Istanbul juga banyak tempat yang caaantik. -_-

Tepatnya tanggal 5 sampai 11 Oktober 2016 kemarin aku menghabiskan waktu selama 1 minggu di Istanbul. Aku pergi ke Istanbul dalam rangka acara Startup Istanbul 2016.

Sedikit cerita soal Startup Istanbul, ini merupakan ajang kompetisi ide antar Startup diseluruh wilayah Eurasia. Di acara tersebut ada 2 tipe, conference dan Startup100. Untuk conference, mereka mendapat kesempatan untuk mengikuti materi dengan narasumber yang hebat.Sedangkan untuk Startup100 merupakan startup yang telah diseleksi oleh ti Startup Istanbul dan akan beradu pitch dengan total 100 peserta dari seluruh Eurasia, kemudian akan dinilai oleh juri yang merupakan investor, accelerator, pan pelaku startup unicorn. Aku mewakili Cubeacon, Alhamdulillah lolos Startup100.

Nah untuk keberangkatan kali ini, Aku ikut rombongan dari Bekraf alias Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Bekraf memberangkatkan 11 startup ke Istanbul kali ini. Mereka adalah: Appskepp, Blumbangreksa, Cubeacon, Hangout.Deals, KitaBisa, KlikTukang, Kostoom, Pictalogy, TarraSmart,Ur-Farm, UrbanHire. Ketambahan lagi dari Labbaik dan penipu.id. :D

14560242_1583688661648650_971933285862376347_o

Oke karena aku seminggu di Istanbul dan aku mau bikin ini jadi 1 part ajah, jadi aku tulis beberapa part yang penting ya. Siapa tau bermanfaat buat kalian yang mau ke Istanbul atau ikut acara Startup Istanbul. :)

Penginapan di Istanbul

Kalau kalian berencana menginap di Istanbul, hal pertama yang aku saranin adalah cek dulu budget kalian. Not gonna lie, biaya hidup di Istanbul mahal sis. Kecuali kalau kalian Syahrini, ya silakan aja nggak mikirin budget. Tapi apa lah daya, aku bukan Syahrini yang super eksis itu. huuhuu.. :(

Ada banyak range harga penginapan, dari yang termurah hingga termahal. Tapi kalo kalian pergi dengan rombongan, aku saranin sewa apartment. Kemarin aku berlima dengan 4 orang teman cewek menginap di Lovely Apartment di area Taksim.

travel with Girly Istanbul
pic credit: ghea.

Sekedar cerita, apartment yang kita sewa imut banget. Ada dapur, kamar mandi, dan juga dapat breakfast berupa cereal, susu, oatmeal, dan segala macam perlengkapan masak. Karena kita cewek-cewek tangguh yang meminimalisir jajan biar bisa belanja, kita bawa bahan makanan sendiri dong!

pic credit: ghea
pic credit: ghea

Jadilah tuh kita bawa bahan makanan seabrek. Ya beras lah, indomie, sarden, sosis, nugget, apa aja deh. Soalnya pengen hemat, di acara nggak dapat makan dan kita nggak ada yang cocok sama makanan Turki. :(

Ngarep disini ada Sevel biar bisa beli instant noodle tapi nggak ada. Huuhuu..

travel-with-girly-istanbul-1
pic credit: ghea

Pemilik apartment juga baik banget. Kita dipinjami Istanbul Card yang merupak kartu buat naik subway dan bus di Turki. Udah ada top up 10 TL (Turkish Lira) pula. Karena public transportation di Turki ini udah bagus, jadi kemana-mana gampang deh. Tapi masih ada macet sih. Kalo subway mah ga ada kata macet. Yakali kereta macet gimana ceritanya coba. XD

Startup Istanbul 2016

travel-with-girly-istanbul-3

Jadi aku ke Turki dalam rangka mengikuti Startup Istanbul. Alhamdulillah Cubeacon lolos sebagai Startup 100 dan diberi kesempatan buat pitch di hadapan investor dan mentor. Jadi seleksi pertama adalah via Skype dengan tim Startup Istanbul. Cubeacon pun Alhamdulillah lolos untuk Startup 100. Akhirnya kita bergabung dengan Tim Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia) yang memang sebelumnya membuka pendaftaran untuk berangkat rame-rame ke Startup Istanbul.

travel-with-girly-istanbul-4

Selama acara, aku ketemu banyak orang hebat loh! Ada banyak sekali pelaku startup yang punya ide-ide hebat. Ada yang bikin robot yang dilengkapi dengan AI, ada yang bikin device untuk solusi pertanian menggunakan Internet of Things, dan banyak yang bikin aku seneng banget. Pengisi materi pun juga sangat kece. Salah satunya ada dari 500 Startup yang merupakan salah satu investor tahap awal untuk Startup.

Tapi yang paling highlight adalah bertemu Adora Cheung dari Y Combinator.

travel-with-girly-istanbul-5

Y Combinator merupaka accelerator paling kece di dunia startup. Mereka juga investor tahap awal untuk startup. Jadi bahasa gampangnya, Y Combinator itu tempat dimana startup akan diberi mentoring. Dalam hal produk, bisnis model, dll. Kenapa mereka keren? Karena nggak ada satu Startup pun yang gagal setelah lulus dari Y Combinator.

Kece banget gilakkkk…. Bisa masuk Y Combinator sujud syukur dehhhh… Karena mereka tuh isinya emang orang-orang hebat dan pinter. Selain itu, Y Combinator tuh punya banyak channel bisnis, jadi kalo ada startup baru lulus langsung deh dikasih kesempatan trial yang bisa jadi portofolio startup tersebut. Dan channel nya nggak ecek-ecek, udah pada gede semuaaaa… HUVT.

travel-with-girly-istanbul-6

Pas ketemu Adora, orangnya juga humble banget. Baru cerita sedikit, dia tuh udah paham apa masalah dan solusinya. Rasanya kaya dia udah ngikutin Cubeacon dari lama. Cara ngomong pun kelihatan dia orang yang ngerti startup environment. Nggak asal jeplak. Udah gitu di akhir masih sempat minta maaf pula kali aja ada kalimatnya yang menyinggung. What a thoughtful Lady!

travel-with-girly-istanbul-7

Di acara ini aku belajar banyak banget. Mulai dari memperbaiki pitch, komunikasi dalam networking, sampai hal-hal yang berhubungan dengan Startup. Semoga kapan-kapan ada waktu buat share ilmu ya. Hehehe..

Meskipun masih cupu gini, anaknya doyan banget belajar! :D

Istanbul Sightseeing!

Now it’s time for sightseeing! :D

Autumn leaves falling down like pieces into place…

Foto kiriman Girly (@girlysaputri) pada

Aku nggak punya banyak waktu santai saat di Istanbul. Saat acara full dengan meeting dan benerin pitching sampe capeque adek, bang. Tapi worthy lah.. Bisa belajar banyak hal baru. Jalan-jalan pun kalo nggak capek deh malemnya mampir ke yang deket appartment ajah. Sisanya dipake istirahat dan cek email. Jadi yang kalian lihat disini bukan sepenuhnya seneng-seneng. Ini cuma 1% dari seluruh kegiatan. Kelihatannya happy banget yah di foto, padahal aslinya tiap hari bobo kudang dari 5 jam, benerin pitching, networking, dan masih banyak drama lain yang bikin pengen nangis. Hahaha.. maklum yah cewek hobinya nangis.

So, please jangan dikira startup kerjaannya cuma ke luar negeri. Dibalik foto-foto ini ada perjuangan berdarah-darah tiap harinya selama bertahun-tahun. :D

travel-with-girly-istanbul-8

Tempat pertama yang kita kunjungi sepulang acara adalah Galata Tower. Tempatnya seperti tower Rapunzel. XD

travel-with-girly-istanbul-9

Kalau naik ke atas, bisa melihat pemandangan Istanbul yang luas. Sayangnya aku nggak naik. Antrinya panjang banget. Apalagi waktunya terbatas jadi harus buruan balik ke Appartment. Tapi kita sempatkan diri dulu mampir ke pelabuhan dekat Galata Tower. Nggak deket juga sih, Lumayan Jauh banget. Kemana-mana jalan kaki pula. wow.

travel-with-girly-istanbul-10

Abaikan eye bag dan name tag yang masih nyangkut. 2 malam lembur benerin pitch soalnya. XD

Pas balik ke Taksim, kita ngelewatin stasiun namanya Halic. Disini bagussss banget soalnya jalur kertanya menyebrangi selat Bosphorus yang memisahkan Istanbul area Eropa dan Asia. Wow nyeberang 2 benua dalam 1 kali perjalanan. :D

Udah gitu stasiunnya juga tinggi tempatnya, jadi bisa lihat pemandangan Asia Eropa cuy.

travel-with-girly-istanbul-11
Foto dari Stasiun Halic. Kelihatan Blue Mosque di belakang.

Karena Istanbul sedang musim gugur, hawanya dingin banget. Pakai jaket pun masih dingin aja. Baju yang aku bawa juga tipis semua pula. -_-

travel-with-girly-istanbul-12

Boat Tour..

travel-with-girly-istanbul-13

Pada tanggal 9 Oktober, akhirnya kita punya waktu free buat jalan-jalan. Panitia Startup Istanbul mengajak peserta Startup100 untuk bergabung di Boat Tour menyusuri Selat Bosphorus. Bagusssss banget. Kapan lagi sih bisa menyusuri perbatasan Asia dan Eropa. Hwaaa….

travel-with-girly-istanbul-14
Menyusuri selat Bosphorus

Pemandangannya tuh baguuussss banget. Meskipun cuaca lagi berawan, tetap tidak mengurangi keindahan dari Selat Bosphorus. :)

travel-with-girly-istanbul-15

Biasanya cuma bisa lihat pemandangan kaya gini di Internet, tapi kali ini bisa lihat beneran. Terharu, apalagi Istanbul punya sejarah kepemerintahan Islam yang cukup hebat dulunya. :)  

travel-with-girly-istanbul-16

Kapal Boat Tour yang dipakai oleh panitia Startup Istanbul ini cukup besar agar bisa menampung sekitar 200 orang. Kalau kalian berencana ikut boat tour juga, kalian bisa mencoba dengan kapal yang lebih kecil dengan harga kurang lebih 20 TL.  

Hagia Sophia dan Museum Topkapi

travel-with-girly-istanbul-17

Ternyata Hagia Sophia merupakan goals banyak orang yah.. Jujur aku nggak terlalu tau soal Turki. Baru tau pun ketika udah disini. Hahaha.. cupu yah. :(

travel-with-girly-istanbul-18

Hagia Sophia ini tempat yang paling majestic yang aku kunjungi  di Istanbul. Desain arsitekturnya yang campuran gereja dan masjid bikin aku merinding pas masuk. Megah banget dengan lantai batu pualam putih.

travel-with-girly-istanbul-19

Sejarah tempat ini juga cukup bikin merinding. Udah tau belum? Jadi Hagia  Sophia merupakan bukti bahwa Islam pernah menduduki Konstatinopel (sekarang Istanbul). Ketika Muhammad Al Fatih yang masih berusia 19 tahun berhasil menakhlukan kota Konstatinopel, tempat ini yang awalnya gereja dirubah menjadi masjid. Sekarang tempat ini dijadikan Museum. :)

travel-with-girly-istanbul-20

Letak Hagia Sophia ada di dekat stasiun Sultan Ahmed. Disana kalian harus naik bus lagi. Atau bisa juga sih jalan kaki, tapi jauh. Hehehe.

Aku lupa jurusan busnya apa. Yang jelas itu udah jadi satu. Ada Hagia Sophia, Topkapi, Blue Mosque, dll. 

travel-with-girly-istanbul-21

Museum Topkapi Ini museum yang paling bikin aku excited. Sayang nggak bisa ambil foto di dalam. Isi museum ini adalah barang-barang bersejarah peninggalan Nabi Muhammad dan sahabat-sahabatnya seperti pedang, jubah, turban Nabi Yusuf, jenggot Nabi Muhammad, rambut Nabi Muhammad, dan masih banyak lagi peninggalan Islam lainnya.

travel-with-girly-istanbul-22

Kalau ada kesempatan lagi, mau lah berkunjung lagi kesini. Untuk tiket masuk Hagia Sophia dan Museum Topkapi adalah 40TL masing-masing. Tapi mereka menawarkan one pass for all, jadi bisa mengunjungi semua Museum yang ada di Istanbul dengan hanya membayar 85TL. Sayangnya aku cuma ada waktu berkunjung ke Hagia Sophia dan Museum Topkapi aja. Jadi kalau mau beli one pass for all malah jadinya sayang kartunya nggak kepake. :(

Jumah Mubarak! Salah satu tempat yang saya benar benar exciting untuk dikunjungi saat di Turki adalah Museum Topkapi (nggak tau penulisan yg benar di bahasa Turki, jadi harap maklum yah). Bersebelahan dengan Hagia Sophia, tempat ini menyimpan banyak sejarah Islam. Ada pedang Nabi Muhammad dan sahabat sahabatnya, jenggot Nabi Muhammad, Turban Nabi Yusuf, alas makan Nabi Ibrahim, hingga pelindung Hajar Aswat. Terharuuuu rasanya. Ada jubah milik Fatimah dan pedangnya juga. :’) Pas masuk ke tempat ini, langsung disambut oleh lantunan Ayat Suci AlQuran. Awalnya saya kira itu cuma rekaman, tapi ternyata suara orang ngaji beneran. MashaAllah.. makin terharuuu.. Sayangnya nggak boleh foto foto di dalam Museum. Well some things are better off camera. Some beauties are meant for the heart, not the eyes. Kalau ada kesempatan balik lagi ke Turki, mau banget kesini lagi. #clozetteid #GirlyAtIstanbul #Istanbul #TravelWithGirly #turkye Foto kiriman Girly (@girlysaputri) pada

Buyuk Valide Han

MY FAVORITE INSTAGRAMMABLE PLACE!!!!!

travel-with-girly-istanbul-23

Sebenernya pergi ke tempat ini tuh nyuri-nyuri waktu. As you know, cuma 1 hari free nya itu nggak cukup. Pengeeeen banget bisa kesini. Jadi pas grand final Startup Istanbul, aku sempetin paginya kesini bentar. Hahahaha.

travel-with-girly-istanbul-24
kenapa tanganku jadi kelihatan kaya kepiting rebus. -_-

Tempat ini nyempil banget. Harus masuk-masuk ke pasar gitu. Turun di stasiun Emino masih harus masuk ke spice bazaar dan masih banyak jalan belok-belok sampai memasuki kawasan pertokoan lama yang nggak dipake. Beruntung banget aku ada pemandu. Ada anak Indonesia yang kuliah di Turki, namanya Shofyan dan Haris, jadi gampang kalau minta tolong ditunjukin tempat yang instagrammable. :D

So far, cuma 3 tempat ituyang bisa aku kunjungi di sela-sela jadwal Startup Istanbul yang padat banget. Tapi bersyukur deh paling tidak ada kenang-kenangan. Salah satu kenang-kenangannya adalah sepatu langsung rusak pas pulang ke Indo soalnya di Turki jalannya naik turun. Hehehe..

travel-with-girly-istanbul-25

Things you need to know…

Jadi aku ke Istanbul cuma tukar 300 USD, dan yang aku tukar ke Turkish Lyra adalah 150 USD ajah which is sekitar 2 juta rupiah (waktu tukar kurs USD sekitar 13ribu rupiah). Dan uang ini sudah cukup banget buat transport, beli kartu provider Turkcell dan mengunjungi beberapa tempat. Bahkan masih cukup beli 8 box Turkish Delight untuk oleh-oleh hehehe.

Untuk kartu provider, aku beli Turkcell harganya 90TL. Lupa kuotanya berapa tapi katanya Anak Indo yang kuliah disini itu harganya mahal banget. Biasanya cuma 40TL. Huuhuu…

Tapi ya tetep harus super menghemat. Selama di Turki aku dan keempat temanku bawa bahan makanan. Jadi kita masak di apartment dan bawa bekal ke acara. Biaya makan cukup mahal soalnya, apalagi nggak cocok di lidah. Terus kita juga wajib bawa air minum. Jalanan Turki yang menanjak memaksa kita cewek-cewek buat strong menghadapi lika-liku jalanan. Makanya butuh air biar kita bisa strong terus. :D

travel-with-girly-istanbul-26

Buat kemana-mana pun kita pakai public transport. Nggak pakai taksi atau uber kecuali lagi urgent seperti harus antar balik ke Bandara atau ke lokasi grand final yang memang jauh dari stasiun.

Kalo kata Shofyan, sistem tapping kartu di public transportation Turki tuh makin sering di tap pakin murah. Jadi kalau pakai awal kartu naik subway harganya 4.50 TL, tapping selanjutnya harganya akan jadi 3 TL. Seterusnya sampai sekitar 2TL. Itu udah minimum banget. :D

travel-with-girly-istanbul-27

Untuk Visa, bisa apply E Visa turis di website Apply Visa Government Turki. Harganya sekitar IDR 400.000 dan berlaku selama 30 hari. Gampang banget kok. Nanti visanya akan di email dan itu sudah nggak perlu wawancara lagi. :)

travel-with-girly-istanbul-28

Untuk lokasi, sebenarnya semua lokasi di Istanbul itu kece sih. Cuma kalau mau yang pusatnya ada di Taksim. Disini banyak turis dan tempat orang networking untuk kerjaan. Makanya di Air BnB pun banyak banget appartment disewakan disini.

travel-with-girly-istanbul-29

Satu hal yang banyak banget ditanyain adalah “situasi di Turki kondusif ga sih setelah kudeta?” ini pasti pertanyaan yang terbayang-bayang dibenak kalian yang lagi baca kan. Hehehe..

Jadi gini, jalan-jalan ke negara manapun, selama kita nggak nyari masalah pasti aman-aman aja kok. Contohnya di Turki ini. Memang penjagaannya jauh lebih ketat. Ada penjaga bawa senapan laras panjang di tempat-tempat publik seperti stasiun dan airport, tapi orang-orangnya santai aja loh. Karena ya itu tadi, mereka nggak nyari masalah. Jadi ya buat apa takut. Hehehe..

Kalo ditanya kondusif atau enggak, aku sih bakal bilang kondusif ajah. Karena aku nggak nyari masalah. Dan emang nggak ada penjaga mereka yang macem-macem sama turis. Memang hari pertama kita nyampe ada kabar kalo ada bom di Ataturk Airport dan banyak sirine serta penjaga dengan laras panjang dimana-mana. Tapi itu pun nggak ngefek ke orang-orangnya. Mereka tetap melanjutkan aktifitas setiap harinya.

So, balik lagi ke kalian. Pergi ke negara paling aman sekalipun kalo kalian niatnya nyari masalah ya nggak bakal ada kata kondusif buat kalian. Aku saranin kalian belajar bahasa Turki dikit-dikit. Atau kalo ada kenalan di Turki boleh deh dampingi kalian. Soalnya Orang Turki yang bisa bahasa Inggris dikit banget, jadi agak susah komunikasi. Kalau ada apa-apa jadi enak komunikasinya kalo bawa temen yang bisa bahasa Turki. :)

travel-with-girly-istanbul-30

Demikian perjalanan ku Ke Turki. Meskipun nggak banyak tempat yang di kunjungi tapi semoga bisa membantu kalian yang ingin liburan ke Istanbul yaah.. Thanks for reading and I’ll see you on my next post!

Salam dari Teman-teman Startup Indonesia yang lolos di Startup Istanbul 2016 kemarin. :D

travel-with-girly-istanbul-31

Jangan lupa cek Vlog Istanbul ku juga yaa.. Di videonya lebih kelihatan jelas untuk lokasi yang aku kunjungi. :D

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

2 comments

  1. Aku mau kesiniiii dan menghamburkan uang aku mau jadi syahriniiiiii yaallah cantik banget yah tempatnya ka girly T.T

    http://www.cyanophytaa.com

  2. Whoaaa lalu kangen sama istanbul lagi. Enak ya bisa diringkes jadi satu post, kalo aku suka berteletele jadiin berpart part wqwq :’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..