Home / Tips Caaantik / Pertolongan Pertama Pada Kulit yang Terkena Minyak Panas

Pertolongan Pertama Pada Kulit yang Terkena Minyak Panas

Para perempuan pasti pernah mengalami terkena minyak panas. Apalagi ibu-ibu. Well nggak harus ibu-ibu juga sih, ada kalanya yang masih gadis dan hobi memasak di dapur akan terkena minyak panas. Disini yang dimaksud terkena minyak panas tuh bukan yang ketumpahan minyak panas yah. Tapi terciprat minyak saat menggoreng.

Yang tahu rasanya, pasti inget banget kalo tiap kena minyak panas kulit rasanya perih dan panas. Udah gitu bekasnya susah dan lama hilangnya. Pantes deh cewek jaman sekarang kalo goring sesuatu pasti jaraknya jauh-jauh dari penggorengan. Takut kena minyak panas, sis.

Aku juga salah satu yang termasuk pernah terkena minyak panas saat menggoreng. Tapi berbeda dengan kebanyakan wanita yang saat terkena minyak panas kulit jadi merah dan cokelat, kulitku termasuk kulit yang “anteng” tiap ada bekas luka.

Video: Review dan Swatch F2F Cosmetics XOXO Matte Lipstick

Jika kebanyakan perempuan yang terkena cipratan minyak panas akan membuat kulit mereka menjadi ruam dan cokelat, kulitku hanya ruam kemudian bekasnya hilang. Yup, kulitku emang tipe kulit yang gampang sembuh kalo ada luka. Bekas jerawat aja paling lama bertahan 5 hari, itupun saat jerawatnya belum kering. Kalo udah kering, semalam aja udah lupa kalo pernah ada jerawat. #sombong :P

Nah beberapa bulan lalu, aku terkena cipratan minyak panas saat menggoreng tempe (IYA TEMPE). Cupu banget kan goreng tempe aja kena minyak. Tapi saat itu minyak yang kena kulitku cukup parah. Kalau tidak salah ada 3 titik di tangan kanan. Meskipun Cuma titik kecil, tapi panasnya terasa sampai 10 menit setelah terkena minyak. Ini nggak biasanya loh. Kalo kena minyak paling beberapa detik udah hilang panas dan perihnya. Tapi kali ini berasa sampe lama. Jadi mungkin ini yang paling parah buatku.

Jika kalian mengalami hal yang sama sepertiku, aku memiliki beberapa langkah Pertolongan Pertama Pada Kulit yang Terkena Minyak Panas agar luka tidak semakin parah dan berbekas. Langkahnya adalah:

1. Siram dengan air.

Baca Juga: 8 Manfaat Aloe Vera untuk Kecantikan

Luka terkena minyak panas juga dikategorikan sebagai luka bakar. Disini menyiramkan sesuatu yang dingin dan bersih dianjurkan untuk mengurangi rasa perih dan panas bekas cipratan minyak. Mengompres dengan air dingin juga dianjurkan.
Langkah ini berlaku untuk luka bakar kecil juga. Ingat, luka bakar kecil loh guys. Bukan luka bakar besar seperti bekas terbakar secara langsung atau terkena benda yang panas. Kalau luka bakarnya sampai berdarah atau sampai kelihatan daging, ini sudah masuk luka bakar besar. Pertolongannya pun tidak bisa dengan menggunakan air. Kalau salah malah infeksi dan makin parah.

2. Oleskan Aloe Vera

Pertolongan Pertama Saat Terkena Minyak Panas

Aloe Vera atau Lidah Buaya merupakan moisturizer alami dari alam. Aloe Vera yang dingin bisa menjadi penenang luka bakar kecil. Efek dingin yang dihasilkan Aloe Vera akan membuat ruam pada luka bakar berkurang dan luka pun lebih mudah sembuh. Kalian bisa menanam Aloe Vera sendiri di rumah atau membeli Aloe Vera yang praktis digunakan.

Pertolongan Pertama Saat Terkena Minyak Panas 1
Gel Aloe Vera yang aku rekomendasikan adalah dari Nature Republic. Ini favorit aku karena efek dinginnya sangat terasa segar dan nyaman di kulit. Untuk produk local, Wardah juga mengeluarkan Aloe Vera Gel yang bisa kalian beli dengan harga terjangkau di counter Wardah.

3. Banyak mengkonsumsi protein.

Baca Juga: 3 Langkah Merawat Kulit dengan Rivera Cosmetics

Sering dengar mitos kalau saat memiliki luka bakar, kita dilarang makan telur karena akan membuat luka terasa gatal dan berbekas. Menurutku ini mitos saja dan tidak ada penilitian sains yang benar-benar membuktikan hal ini. Justru saat terkena luka bakar, kita harus rajin mengkonsumsi protein.

Kulit yang terkena luka bakar pasti membutuhkan protein dukungan untuk membentuk kulit baru setelah rusak akibat luka bakar. Nah dengan mengkonsumsi protein tinggi, justru pembentukan kulit yang baru akan semakin cepat dan luka semakin cepat sembuh. Protein seperti collagen sangat dibutuhkan oleh kulit disaat pembentukan sel baru. Vitamin C juga sangat membantu karena Vitamin C adalah zat dasar yang ada di collagen.

Saat terkena minyak panas ketika menggoreng tempe beberapa bulan lalu, aku melakukan 3 langkah di atas secara langsung dan rutin. Sesaat terkena minyak panas, aku langsung bilas dengan air. Kemudian aku oleskan Aloe Vera Gel agar tidak terasa perih dan panas.

Pertolongan Pertama Saat Terkena Minyak Panas 2

Baca Juga: Sehari Bersama Bioderma di Surabaya

Hasilnya, dalam waktu 3 jam rasa panas dan perih mulai reda. Kemudian dalam waktu kurang dari 5 hari, bekasnya sudah hilang. Nggak sampai jadi cokelat dulu karena dioles Aloe Vera secara rutin setiap hari. :D

Jadi, aku sarankan untuk yang hobi di dapur agar stok Aloe Vera Gel diperbanyak. Karena Aloe Vera Gel ini tepat banget untuk dijadikan pertolongan pertama saat terkena luka bakar ringan seperti terkena minyak panas. Dengan begitu tidak perlu khawatir punya bekas luka karena menggoreng ya. ;)

Demikian artikel tentang Petolongan pertama saat terkena minyak panas kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya. Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post…xoxo.

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

Althea Raya

Althea Raya Edisi Spesial Lebaran

Memasuki Bulan Suci Ramadhan pastinya kita perlu melakukan banyak persiapan dong. Mulai dari makanan untuk ...

2 comments

  1. Gel aloe vera yang terjangkau dan mudah ditemukan di apotek atau minimarket apa ya mbak?

Leave a Reply to Girly Saputri Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..