Home / Tips Caaantik / Memilih Warna Foundation yang Tepat untuk Kulit

Memilih Warna Foundation yang Tepat untuk Kulit

Memilih foundation tentunya bisa jadi love hate relationship. Ada yang udah swatch ribuan kali di counter tapi pas dibawa pulang hasilnya terlalu gelap atau terang. Eh yang lainnya asal beli online tanpa swatch aja udah cocok warnanya.

Ini yang bikin jadi gemes setengah mati! -_-

Aku juga salah satu orang yang pernah mengalami kedua hal tersebut. Mulai dari salah pilih warna jadi terlalu terang, sampai asal beli di online dan ternyata warnanya pas.

Disini aku akan berbagi tips Memilih Warna Foundation yang Tepat untuk Kulit berdasarkan pengalamanku sendiri. Simak yaa!

Baca Juga: Eyeshadow The Balm Nude Beach – Dupe Naked Heat(?)

Memilih Warna Foundation yang Tepat untuk Kulit

Kulitku memiliki warna kulit yang hampir sama dengan kebanyakan orang Indonesia lainnya. Kuning langsat menuju cokelat sawo matang.

Halah susah jeasinnya. Pokoknya kulitku nih kuning langsat tapi ya agak kecoklatan gitu lah gaes. Kulit wajahku juga normal berminyak. Minyak area T-Zone bisa bikin wajahku kelihatan mengkilat kalau udah setengah hari. Pori-pori juga lebar dan banyak, jadi gampang komedoan.

Kalau kalian punya tipe kulit sepertiku, simak yuk tipsnya. :D

1. Swatch di Leher

Jadi kalau mau lihat apakah warna foundation itu cocok atau enggak, swatch di leher. Untuk yang tidak berhijab, tujuan swatch di leher adalah agar warna foundation di wajah, sama dengan warna foundation di leher.

Bagaimana dengan yang berhijab? Tips yang selalu aku coba adalah swatch di pergelangan tangan. Bukan di punggung tangan ya. Tapi pergelangan tangan yang biasa kita pakai jam tangan itu.

Warna kulit pergelangan tanganku mendekati warna kulit wajahku. Jadi aku bisa lihat warnanya cocok atau tidak di pergelangan tanganku. Biasanya hal ini juga sering terjadi di kebanyakan perempuan berhijab. Pergelangan tangan mirip dengan kulit wajah.

Video: Daily Makeup Pakai Produk Korea

2. Blend dan Jangan Blend

Membaurkan foundation saat makeup adalah hal yang wajib. Begitu juga saat swatch di counter dan pilih-pilih. Nggak sekedar di colek, tapi juga baurkan. Tapi dikit aja yaaaa.. nggak harus sebadan juga baurinnya. -_-

Biasanya kalau aku beli di counter, aku akan swatch 2 kali. Yang pertama di colek, yang kedua di blend. Terus aku bandingkan. Soalnya beberapa foundation baru kelihatan oksidasi setelah di blend. Nah pas kelihatan oksidasi ini aku perlu lihat, apakah jadi kelihatan lebih terang atau lebih gelap.

Ini juga mempengaruhi warna foundation kita. Kalau pas beli warnanya pas di kulit tapi setelah di blend malah oksidasi jadi lebih gelap kan gawat sis. :(

3. Tunggu Beberapa Saat

Ini tips receh.

Jadi tiap mau beli foundation, aku akan colek-colek dulu di counter. Setelah itu aku tinggal jalan-jalan, nonton, makan dulu. Jadi nggak langsung beli gitu guys.

Mau lihat aja oksidasinya seberapa parah. Dan kalau kalian dikasih kesempatan sama BA nya buat nyobain foundationnya di wajah, malah lebih enak lagi tuh. Pas ditinggal jalan-jalan Bisa bener-bener tes coverage nya, tes ketahanan terhadap minyak, bahkan bisa lihat apakah oksidasinya parah atau enggak.

4. Ketahui Skin Tone Kulitmu

Ini yang kebanyakan orang nggak tahu.

Biasanya, kulit Indonesia memiliki skin tone kekuningan. Tapi tidak jarang juga ada yang warna pink.

Mengetahui skin tone kulit penting agar mudah saat memilih foundation. Beberapa foundation memiliki warna dasar kuning atau pink. Biasanya nih, kalau pilih foundation yang warna dasarnya tidak cocok dengan kulit kita, foundation akan terlihat oksidasi lebih parah.

Jadi saranku, pelajarilah skin tone masing-masing. Berikut tips dariku untuk mengetahui skin tone.

Demikian tips dariku. Semoga bisa membantu kalian memilih foundation dan memudahkan proses pemilihan foundation. :D

Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post…xoxo.

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

elsyoung

Rahasia Kulit dan Bibir Tetap Segar Selama Puasa

Selama puasa pasti kita akan mengalami dehidrasi. Kurangnya asupan air yang masuk ke tubuh membuat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..