Home / Tips Caaantik / Tips Menghilangkan Komedo dan Membuatnya Tidak Balik Lagi

Tips Menghilangkan Komedo dan Membuatnya Tidak Balik Lagi

Komedo pastinya masalah untuk semua perempuan. Terutama untuk yang memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar. Well, komedo juga datang untuk perempuang yang berkulit kering atau normal. Tapi untuk perempuan yang memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar, komedo sedikit saja pasti sudah terlihat dan pastinya sangat mengganggu.

Kulitku merupakan kulit berminyak dan kombinasi. Di area T Zone, kulitku berminyak. Sedangkan area lainnya normal. Di area hidung pori-poriku juga sangat terlihat dan mudah sekali terkena whitehead jika tidak rutin dibersihkan.

Belakangan ini, aku merasa komedoku (whitehead dan blackhead) sangat berkurang drastis. Meskipun pori-poriku masih terlihat dan kulit berminyakku masih tetap saja, tapi komedoku hampir selalu bersih. Biasanya dalam 2 minggu saja komedoku akan menumpuk dan rasanya kasar sekali. Tapi belakangan ini komedoku nyaris tidak ada. :D

Setelah beberapa hari ini aku mencari-cari sebab kenapa komedoku bisa pergi, akhirnya aku menemukan beberapa penyebab yang aku yakin. Well, paling tidak beberapa penyebab ini bisa membuat komedoku nggak balik lagi, jadi pastinya aku yakin dong. :P

Oke, aku akan list apa skin care routine dan beberapa tips yang aku lakukan selama beberapa bulan belakangan ini. Sebenarnya, aku tidak ada niatan khusus untuk menghilangkan komedo. Tapi ya tiba-tiba hilang gitu aja. Jadi aku pun mulai menganalisa skincare routine dan kebiasaanku sendiri.

Baca Juga: Review Lip Gloss Yang Warnanya Cocok untuk Semua Warna Kulit

1. Biore Pore Pack

Selama ini aku selalu menggunakan Biore Pore Pack untuk mengatasi komedoku. Meskipun Pore Pack tidak efektif mengangkat seluruh komedo, paling tidak Pore Pack bisa mengangkat komedo yang ukurannya lumayan besar. Cukup melegakan sih, paling enggak Pore Pack ini mengurangi lah.

Beberapa orang ada yang bilang kalau Biore Pore Pack ini nggak bisamengangkat komedo mereka. Bisa jadi karena komedo mereka terlalu kecil, jadi nggak dalam jangkauan pengangkatan dari Pore Pack ini. Soalnya memang iya sih, komedo di kulitku yang terangkat tuh yang udah gede dan udah lama numpunk gitu. Sementara yang kecil-kecil, jangankan terangkat, tersentuh aja kayanya enggak. Hahaha.

Tips dariku untuk kalian yang mau sukses pakai Biore Pore Pack; cuci hidung kalian dengan sabun dan bilas, kemudian tempelkan pore pack. Setelah itu tunggulah di ruangan ber AC atau di ruangan yang dingin. Pokoknya jangan ruangan atau kondisi yang panas. Soalnya menurutku, ketika ruangan panas, pori-pori yang ditempeli Pore Pack akan mengeluarkan sebum. Jadi kinerja Pore Pack tidak akan maksimal. Kalau di ruangan ber AC atau dingin, pore pack makin lama lebih kencang menempel di hidung dan bisa mengangkat komedo dengan maksimal.

Baca Juga: Review QL Cosmetics Lip Cream

2. Freeman Facial Charcoal & Black Sugar Polish Mask

Masker scrub ini cukup gentle mengangkat kulit mati dan aku sangat suka efeknya yang melembutkan kulit setelah pemakaian. Aku rutin scrub wajahku dengan Freeman Facial Charcoal and Black Sugar Polish Mask paling tidak 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Meskipun masker ini tidak sepenuhnya mengangkat komedo, paling tidak masker ini membantu melunakkan komedo.

Tips dariku, jangan terlalu keras saat menggosokkan masker ini ke wajah. Pijatan lembut sudah cukup untuk kulit wajah.

Video: Pakai Benton Aloe BHA Toner Selama 2 Minggu

3. Pinset Penjepit Komedo

Sepetinya ini adalah beauty tools paling berguna selain kuas makeup. Aku selalu menggunakan penjepit komedo setelah menggunakan masker. Karena masih banyak komedo kecil-kecil yang tidak bisa dijangkau pore pack atau masker, penjepit komedo ini sangat membantu dalam hal tersebut. Tapi kalian harus sabar menggunakannya. Soalnya komedonya nyaris tidak terlihat karena kecil.

Aku kurang suka menggunakan pencetan komedo. Lebih suka penjepit. Kalu dipencet, pori-poriku jadi makin besar dan susah mengembalikan ke ukuran sebelumnya. Lagi pula alat pencetan komedo tuh lebih sakit dibandingkan penjepit komedo.

Baca Juga: Pengalaman Setrika Wajah di Klinik Estetika.

4. Menggunakan Salicylic Acid atau Beta Hydroxi Acid (BHA)

 Benton Aloe BHA Skin Toner

Menggunakan Salicylic Acid atau BHA toner akan membantu membersihkan pori-pori. Aku menggunakan toner BHA selama kurang lebih 2 bulan atau lebih. Selama itu aku pun menyadari bahwa komedo di hidungku mulai berkurang.

Pada dasarnya, Salycilic Acid atau yang biasa dikenal dengan BHA merupakan formula yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tapi BHA tidak bisa digunakan untuk jerawat. Jadi Salicylic Acid atau BHA hanya bisa digunakan untuk membersihkan pori-pori.

Tips dariku jika kalian memiliki tipe kulit yang sama denganku, aplikasikan Salycilic Acid atau BHA Toner di area yang berminyak. Aku memfokuskan aplikasi BHA toner di area hidung, dagu, dan dahi. Pokoknya di area yang pori-porinya sangat terlihat. Hindari di area yang normal atau kering karena Salicylic Acid atau BHA bisa membuat area tersebut semakin kering.

Video: Pakai Eye Cream dari Yves Rocher Selama 2 Minggu

5. Menghindari Hyaluronic Acid

Selama lebih dari 3 bulan, aku sama sekali tidak menggunakan sun block. Aku tahu kalau sun block penting digunakan setiap hari. Tapi selama kurang lebih 3 bulan ini aku tidak merasa terlalu membutuhkan sun block karena aku selalu di rumah dan tidur karena lemas hamil muda. :P

Skin Aqua adalah sun block yang selama ini aku gunakan. Ternyata belakangan setelah aku menyadari kalau kulitku tidak berkomedo, aku mulai sadar kalau salah satu penyebab komedoku hilang bisa jadi karena aku berhenti menggunakan skin aqua. Setelah aku periksa ingredients nya lebih teliti, ternyata Skin Aqua mengandung Hyaluronic Acid.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Hyaluronic Acid. Bahkan Hyaluronic Acid merupakan formula yang bisa melembabkan kulit karena mampu mengikat kelembapan yang membuat kulit terlihat segar dan sehat. Hyaluronic Acid juga diproduksi oleh tubuh. Sayangnya, ketika dijadikan skin care, tidak semua orang cocok dengan kandungan ini. Seperti aku contohnya. Selama ini saat memakai Skin Aqua aku selalu mendapat breakout jerawat kecil dan komedo jadi lebih banyak. Tapi aku selalu mengabaikan dan menganggap itu hanya karena aku tidak cocok dengan makeup atau terlalu lama menggunakan makeup.

Tips untuk kalian yang memiliki masalah yang sama denganku saat menggunakan Skin Aqua, kalian bisa mengganti sun block atau moisturizer dengan produk yang mengandung Glycerin. Hyaluronic Acid dan Glycerin pada dasarnya adalah formula yang sama diproduksi di tubuh dan mampu mengikat kelembapan dan sering ditemukan di produk moisturizer.

Aku rasa semua hal di atas adalah hal yang signifikan berubah sehingga membuat kulitku lebih berkurang komedonya. Hal lainnya seperti rajin membersihkan wajah dan mengurangi pemakaian makeup juga mempengaruhi karena selama kurang lebih 3 bulan ini aku sangat mengurangi penggunaan makeup karena jarang keluar rumah.

Baca Juga: Lipstick Nude dari ABH yang Warnanya Nggak Bikin Pucat

Ohya, untuk yang sedang hamil, Salicylic Acid atau BHA aman kok digunakan. DENGAN CATATAN penggunaannya harus topikal. Dalam artian di aplikasikan ke kulit, bukan dikonsumsi. Berikut referensinya dan berikut beberapa list bahan skin care untuk Ibu Hamil.

Demikian tips dariku. Semoga bermanfaat untuk kalian yang memiliki tipe kulit yang sama denganku. Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post…xoxo.

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

Hiperandrogen 8

Jerawat yang Disebabkan Oleh Hormon Androgen Berlebih dan Cara Mengatasinya

Jerawat memang musuh besar buat sebagian perempuan. Kadang munculnya nggak diduga-duga dan susah banget sembuh ...

2 comments

  1. Hebat ya bisa pakai tweezer untuk menjepit komedo itu. Kayaknya saya nggak kelihatan kalau harus menggunakan pinset ini buat mengangkat komedonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Subscribe Caaantik!

Subscribe Caaantik!

Dapatkan update tentang Giveaway dan tips seputar kecantikan!

Terimakasih caaantik..