Home / Tips Caaantik / Mengenal AHA dan BHA pada Skin Care

Mengenal AHA dan BHA pada Skin Care

AHA dan BHA bukanlah kandungan baru yang bisa ditemukan pada skin care. Sejak beberapa tahun lalu, AHA dan BHA sudah digunakan di dalam skin care. Kandungan AHA dan BHA sendiri juga memiliki manfaat masing-masing yang sangat berguna bagi kulit.

Image credit to thecriticalbabe.com
Image credit to thecriticalbabe.com

Untuk kalian yang masih bingung memilih skin care dengan kandungan AHA atau BHA, disini aku akan menjelaskan tentang AHA dan BHA pada skin care. Penjelasannya memang nggak panjang lebar seperti karya ilmiah formal yang menjelaskan detail formulasi AHA dan BHA, tapi paling tidak cukup untuk menjadi pedoman kalian memilih skin care dengan kandungan tersebut. :)

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah zat kimia yang digunakan untuk pengelupasan kulit dan terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang mampu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit. AHA sering ditemukan di produk skin care. AHA juga sering ditemukan di beberapa klinik/salon kecantikan dan digunakan sebagai peeling atau chemical peeling treatment.

Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang sering digunakan adalah Glycolic Acid, Lactid Acid, Citric Acid, Malic Acid, dan Tartaric Acid. Banyak ya.. Gampangnya yang paling sering kita temui di skin care adalah Glycolic, Lactid, dan Citric. Jadi kalau kalian menemukan skin care yang memiliki salah satu kandungan tersebut, berarti skin care yang kalian gunakan mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Cara Kerja Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA merupakan water soluble yang artinya mampu larut di air. Karena AHA adalah water soluble, maka AHA bisa bekerja di permukaan kulit karena AHA tidak bisa masuk ke dalam pori-pori kulit.

AHA ok

AHA memecahkan sel kulit mati dan mengangkat sel tersebut sehingga tidak menumpuk di kulit dan menyebabkan jerawat.

Manfaat Alpha Hydroxy Acid (AHA)

  • Mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit.
  • Mencerahkan skin tone.
  • Meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap produk skin care. Hal ini dikarenakan kulit mati terangkat, sehingga skin care yang akan digunakan lebih mudah terserap kulit.
  • Mengurangi keriput dan garis halus di wajah.

Siapa yang Membutuhkan Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA merupakan formula yang cocok untuk kulit kering. Selain bekerja sebagai pengangkat sel kulit mati, AHA juga merupakan zat humectant yang artinya mampu memberikan kelembapan untuk kulit. Oleh karena itu, AHA mampu mengurangi keriput dan garis halus yang ada di wajah.

Tetapi untuk yang memiliki kulit berminyak juga bisa menggunakan AHA sebagai exfoliant kulit. Tips untuk perempuan dengan kulit berminyak yang ingin menggunakan AHA, gunakan AHA sebagai exfoliant sebelum skin care apapun. AHA akan mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan terlebih dahulu dan membantu produk skin care selanjutnya terserap dengan mudah di kulit.

Produk dengan Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Berikut beberapa produk skin care dengan kandungan AHA yang sering disebutkan di pasaran:

1. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

AHA products

Glycolic Acid merupakan salah satu jenis AHA dengan molekul terkecil yang paling sering ditemukan dlam kandungan skin care. Salah satu produk yang sangat terkenal dengan Glycolic Acid adalah The Ordinary. Harga dari produk ini cukup terjangkau. Kisaran IDR 200.000 hingga IDR 300.000 tergantung tempat yang menjual. PH dari produk ini adalah 3.5-3.7 yang mana masih sesuai dengan PH kulit wajah manusia. Produk ini menawarkan mild exfoliation atau pengelupasan kulit secara lembut karena kandungan AHA yang ada tidak terlalu tinggi. Formulanya juga mengandung zat yang bisa meningkatkan tingkat radiance kulit dan menenangkan kulit.

2. Pixi Glow Tonic

AHA products 1

Memiliki kandungan 5% Glycolic Acid, Pixi Glow Tonic menjadi favorit banyak perempuan. Memiliki PH level 4.1, Pixi Glow Tonic masih sesuai dengan PH kulit wajah. Selain mengandung Glycolic Acid, Pixi Glow Tonic juga mengandung ginseng dan aloe vera yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dan menenangkan kulit wajah. Harga dari Pixi Glow Tonic ini kisaran IDR 200.000 hingga IDR 500.000 tergantung ukuran kemasan. Glycolic Acid juga cocok digunakan untuk kulit yang terkena sinar matahari terlalu sering karena bisa merangsang collagen.

3. Sunday Riley Good Genes

Sunday-Riley-Good-Genes-290x290

Good Genes dari Sunday Riley memiliki kandungan Lactic Acid yang merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acid juga. Lactic Acid juga diproduksi secara natural oleh tubuh sehingga kandungan ini aman untuk kulit. Lactid Acid memiliki molekul yang lebih besar dari Glycolic Acid. Lactid Acid juga cocok digunakan untuk kulit kering dan kusam sertasensitif karena mampu memberikan kelembapan dan mengurangi iritasi di kulit. Harga dari Sunday Riley Good Genes adalah kisaran IDR 1.000.000 hingga IDR 2.000.000. Good Genes dari Sunday Riley juga memiliki klaim mampu menghilangkan noda hitam dan keriput pada wajah.

Know Your Acid! (1)

Jika kalian lebih cocok menggunakan Lactic Acid daripada Glycolic Acid, kalian bisa menggunakan Good Genes dari Sunday Riley atau The Ordinary Lactic Acid + HA yang harganya jauh lebih terjangkau. Hanya saja, The Ordinary juga memiliki kandungan HA atau Hyaluronic Acid, sehingga jika kulit kalian memiliki kontradiksi dengan HA maka akan menimbulkan efek tidak cocok. Tapi jika kulit kalian aman menggunakan HA, maka The Ordinary Lactid Acid + HA bisa menjadi pilihan kalian.

Note: Untuk yang memiliki kulit kering dan super sensitive, jangan menggunakan kandungan AHA yang terlalu tinggi. Lactic Acid akan lebih cocok untuk kulit kering sensitive kalian.

Beta Hydroxy Acid (BHA)

Beta Hydroxy Acid atau BHA merupakan chemical exfoliant yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi milia. Salah satu BHA yang sering digunakan pada skin care adalah Salicylic Acid. BHA juga sering digunakan untuk merawat dan mencegah datangnya jerawat pada kulit wajah karena memiliki efek anti-inflamatory yang mampu mengurangi iritasi pada jerawat.

Selain itu, BHA juga memiliki fungsi untuk mengurangi noda hitam pada wajah dan meningkatkan teksture kulit wajah. Hal ini karena BHA adalah oil soluble sehingga bisa masuk hingga ke pori-pori dan membersihkan pori-pori wajah sehingga mengurangi masalah jerawat dan meningkatkan tekstur kulit.

Cara Kerja Beta Hydroxy Acid (BHA)

BHA bekerja dengan baik hingga ke pori-pori wajah. BHA membersihkan kulit hingga ke pori-pori dan mengangkat sebum atau kotoran yang ada dalam pori-pori. Oleh karena itu, BHA sangat cocok digunakan untuk mengurangi masalah komedo.

BHA

BHA tidak hanya mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, tetapi juga masuk ke dalam pori-pori dan membongkar kotoran yang tertinggal dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Manfaat Beta Hydroxy Acid (BHA)

  • Menghilangkan komedo
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencegah dan Mengatasi masalah jerawat dan iritasi akibat jerawat. BHA juga bekerja sebagai anti-inflammatory sehingga mampu meredam iritasi yang muncul akibat jerawat.
  • Mengurangi minyak di wajah. BHA masuk ke pori-pori dan mengangkat minyak yang tertinggal. Minyak yang tertinggal berpotensi menjadi jerawat dan komedo. Dengan diangkatnya minyak tersebut, kulit berminyak akan berkurang.
  • Anti inflammatory.

Siapa yang Membutuhkan Beta Hydroxy Acid (BHA)

Karena BHA adalah oil soluble, maka BHA sangat cocok digunakan pada kulit berminyak. Terutama kulit berminyak dan cenderung berjerawat (oily and acne-prone skin). Perlu dicatat bahwa meskipun BHA bisa digunakan untuk merawat jerawat, BHA tidak bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. BHA hanya mampu membersihkan zat yang bisa memicu jerawat dan meredam iritasi yang timbul karena jerawat.

BHA sendiri bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Karena BHA termasuk mild exfoliant dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori merupakan kebutuhan semua jenis kulit. Hanya saja jika kalian memiliki kulit kering dan menggunakan BHA sebagai skin care kalian, tambahkan moisturizer karena BHA kadang bisa membuat kulit terasa kering.

Produk dengan Kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA)

Berikut beberapa produk dengan kandungan BHA yang sering digunakan di pasaran:

1. CORSX BHA Blackhead Power Liquid

BHA products

Produk ini mengandung Betaine Salicylate yang merupakan salah satu jenis BHA juga. Klaim produk ini mampu menghilangkan masalah komedo, memberantas kotoran di pori-pori tersumbat, serta membuat kulit tampak cerah dan bebas komedo. Kisaran harga dari cosrx bha blackhead power liquid adalah IDR 200.000 hingga IDR 300.000.

2. The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

BHA products 2

The Ordinary menggunakan 2% kandungan Salicylic Acid untuk produknya kali ini. Klaim dari produk ini adalah membersihkan pori-pori sehingga bisa mengurangi masalah jerawat yang muncul. Produk ini memiliki PH 3.2-3.5 sehingga masih sesuai dengan kulit wajah. Harga dari produk ini adalah kisaran IDR 100.000 – IDR 200.000.

3. Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid

BHA products 1

Salah satu produk skin care dengan kandungan BHA yang sangat terkenal di dunia. Klaim dari produk ini adalah meminimalisir pori-pori, mencerahkan kulit, dan mengurangi keriput. Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid ini bekerja sebagai Exfoliant yang bisa digunakan dengan menggunakan kapas. Disarankan setelah menggunakan produk ini, tambahkan penggunaan moisturizer atau sunscreen.

Know Your Acid! (2)

Selain Betaine Salicylate, BHA juga terdiri dari:

  • salicylate
  • sodium salicylate
  • willow bark extract
  • beta hydroxybutanoic acid
  • tropic acid
  • trethocanic acid

Jadi jika kalian menemukan produk dengan bahan di atas, produk tersebut memiliki manfaat yang sama seperti BHA.

AHA dan BHA Selama Hamil dan Menyusui

AHA merupakan carboxylic acid yang berasal dari banyak makanan seperti tebu (Glycolic acid), susu (lactic acid), buah buahan citrus (Citric acid), dan apel (malic acid). Sedangkan BHA merupakan acid yang di exkstrak dari Willow Bark, yang juga merupakan sumber dari Aspirin dan obat-obatan lain.

Pemakaian topikal atau pemakaian pada kulit masih dikategorikan aman untuk ibu hamil atau menyusui. Tetapi jika penggunaan oral atau diminum (obat-obatan seperti aspirin, dll), hal ini akan mempengaruhi janin.

Penggunaan AHA dan BHA pada Skin Care juga telah diregulasi dengan baik. BHA hanya boleh digunakan sebanyak 2% pada skin care dan tidk boleh lebih. Hal ini karena BHA mampu terserap dalam kulit. Meskipun tidak ada riset pada ibu hamil dan menyusui yang menggunakan BHA, penggunaan BHA dengan presentase tinggi untuk topikal sangat tidak disarankan.

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

priceza 3

Perempuan Wajib Perhatikan Hal Berikut Sebelum Belanja Online!

Perempuan jaman now mana sih yang nggak pernah belanja online? Sekarang hampir semua transaksi dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.