Home / Tips Caaantik / Langkah Memakai Skincare untuk Pemula dan Rekomendasi Produk

Langkah Memakai Skincare untuk Pemula dan Rekomendasi Produk

Skincare..Skincare..Skincare baru setelah itu Makeup.

Tau nggak sih kenapa skincare sangat penting? Karena skincare bisa membuat kulit kita tetap sehat.

Sehat aja kak? Cantiknya kapan?

Wahai adek-adekku yang terobsesi cantik, sesungguhnya ada 3 sumber menuju cantik. Yaitu dari sananya, dari dananya, dan dari waktunya. Sayangnya kalian cuma bisa pilih 2 aja.

Kalian pengen cantik dari sananya dan dari dananya? Tetep aja waktunya pasti lama dan harus sabar biar cantik.

Kalian pengen cantik dari sananya dan dari waktunya cepat? Yaudah dananya dong banyakin. Jangan pake BPJS melulu buat beli facial wash. :(

Yang pengen cantik tapi dananya banyak dan waktunya cepet juga banyak kok. Tapi harap diingat adek adek berarti yang kaya gini dari sananya tuh B aja wkwk.

Bukan menjelekkan nih ya. Ini logika nggak masuk akal yang kalo dimasuk-masukin ke akal akhirnya masuk juga(?)

Jadi kamu pilih cantik yang mana? :D

Di artikel ini aku akan menjelaskan langkah-langkah skincare yang amat sangat sederhana untuk pemula. Artikel ini ditujukan untuk kalian yang nggak pernah pakai skincare, pengen pakai skincare, tapi bingung mau mulai darimana. Buat kalian yang tersesat soal skincare dan butuh pencerahan juga boleh.

Tapi ini isinya basic banget. Cuma dasar-dasar per-skincare-an. Jadi buat yang biasanya pakai skincare sampe 12 layer, boleh banget skip aja hahaha. Aku juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa kalian beli di toko terdekat semacam Indomaret, Alfamart, Guardian, dan Watson. Biar gampang dicari dan memudahkan kalian yang akan memulai skincare routine. :)

1. Membersihkan Wajah

Langkah ini wajib dilakukan minimal 2 kali sehari. Meskipun kalian nggak keluar rumah ataupun nggak pakai makeup, membersihkan wajah hukumnya wajib. wkwk. Dah kaya shalat 5 waktu aja nih beb.

JANGAN membersihkan wajah pakai sabun mandi. Ph levelnya berbeda, kulit wajah kalian bisa jadi makin kering dan kasar. Atau bahkan jerawatan.

Ada beberapa cara untuk tahap membersihkan wajah, yaitu menggunakan facial wash, milk cleanser, balm cleanser, oil cleanser, micellar water dan makeup remover. Bisa dipilih tergantung kebutuhannya. Misalnya, facial wash bisa digunakan untuk sehari-hari. Pakai 2 kali sehari untuk membersihkan wajah kalau lagi nggak keluar rumah atau lagi nggak pakai makeup. Kalau untuk facial wash nih nggak perlu bingung pakai mark apa, karena hampir semua merk kecantikan selalu punya facial wash. Ya kan membersihkan wajah merupakan tahap paling penting, jadi facial wash selalu ada. Cukup pilih yang sesuai jenis kulit kalian.

Milk cleanser, balm cleanser, dan oil cleanser (pilih salah satu) ini bisa dipakai membersihkan wajah setelah pakai makeup. Atau juga bisa dipakai kalau mau membersihkan wajah setelah seharian keluar rumah. Jenis pembersih yang disebutkan tadi lebih kuat mengangkat makeup dibandingkan facial wash aja. Kalau abis pake makeup atau kena polusi dll, jenis pembersih ini juga cocok dijadikan pilihan. Contoh produk pembersih jenis milk cleanser yang sering ditemukan di pasaran adalah Viva atau Wardah. Sedangkan untuk balm dan oil kalian bisa pilih dari The Body Shop atau Shu Uemura.

Micellar water memang lagi hits. Selain praktis membersihkan wajah, Micellar water memang lebih kuat mengangkat polusi dan kotoran di wajah dibandingkan dengan air biasa. Biasanya aku pakai micellar water kalau aku lagi nggak sempat bersihin muka. Misal pulang kemalaman dan bener-bener capek banget, ya micellar water to the rescue. Tapi tetep paginya langsung dibersihin. Contoh micellar water yang mudah ditemui adalah Garnier, Nivea, Pond’s, dan Bioderma.

Makeup remover akan sangat cocok buat yang perlu menghapus sisa makeup waterproof. Contohnya maskara, liquid lipstick, produk alis, dll. Kalau cuma pakai pembersih biasa,pastimasih ada aja sisanya. Karena makeup remover mengandung minyak, jadi membersihkan makeup yang bandel akan lebih mudah. Contoh produk makeup remover yang mudah ditemui adalah Maybelline, Wardah, dan Nivea.

2. Toner

Kalau aku bilang, toner ini bagian skincare untuk mempersiapkan kondisi kulit. Biasanya setelah dibersihkan, kulit terasa kencang atau ketat, aku kurang suka deh kondisi seperti itu. Jadi aku selalu pakai toner untuk membuat kulitku terasa lebih segar.

Tapi pemakaian toner tidak hanya untuk menyegarkan. Bisa juga untuk mengurangi minyak di wajah. Ada macam-macam jenis toner di pasaran. Adayang hanya untuk menegrkan hingga toner untuk permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo.  Kalau bingung mau pilih yang mana, kalian bisa pilih toner yang sesuai jenis kulit kalian. Setelah kalian merasa cocok dengan toner untuk jenis kulit kalian, setelahnya  kalian bisa memilih toner untuk permasalahan kulit kalian. Tapi biasanya sih toner yang sesuai dengan jenis kulit sudah bisa mengatasi permasalahan kulit juga. Jadi kalian tidak perlu bingung harus pilih toner yang mana.

Misalnya saja kulit berminyak. Toner untuk kulit berminyak biasanya mengandung BHA. Jadi ketika aku pakai toner untuk kulit berminyak, permasalahan kulitku seperti komedo sudah teratasi. Karena BHA membersihkan hingga kedalam pori-pori.

Beberapa contoh toner untuk kulit berminyak adalah Benton Aloe BHA Toner, atau COSRX Two in One Poreless Power Liquid. Sedangkan untuk kulit kering kalian bisa mencoba seri Hadalabo Gokujyun yang bisa dibeli di suermarket terdekat.

3. Moisturizer

Meskipun tipe kulit kalian berminyak, Moisturizer adalah bagian yang penting agar kulit kalian tidak rusak. Maksud rusak di sini adalah bisa jadi karena pemakaian makeup, terkena polusi, sinar matahari, dll yang merupakan faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Tapi sesuaikan tekstur moisturizer dengan tipe kulit kalian. Misalnya untuk kulit kering, pakailah moisturizer berbahan dasar oil yang kaya dengan vitamin. Sedangkan kulit berminyak bisa menggunakan moisturizer yang lebih ringan agar tidak terasa terlalu lembab di wajah.

Sebenarnya mau kulit jenis apapun cocok cocok saja pakai berbagai jenis moisturizer. Tinggal cara aplikasi saja yang perlu diperhatikan. Tapi disarankan memilih moisturizer yang memang sesuai jenis kulitnya agar lebih maksimal hasilnya.

Yang perlu diingat adalah jenis kulit kalian. Kalau udah tahu jenis kulit, pasti gampang buat paham masalah skin care yang diperlukan. Contohnya untuk kulit kering bisa pilih moisturizer dari Guerrison 9Complex karena mengandung Germany Horse Oil yang kaya dengan fatty acid sehingga kulit terasa lebih lembab. Atau untuk kulit berminyak kalian bisa pilih Moisturizer dari Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion.

Selain itu banyak juga moisturizer drugstore yang bisa dibeli di toko terdekat. Apalagi di kemasan pasti sudah tertera jenis kulitnya. Tinggal mencocokkan saja dengan kebutuhan.

4. Perlindungan

Untuk langkah ini ada banyak versi. Ada yang pakai perlindungan dulu baru setelahitu pakai moisturizer, tapi ada juga yang pakai moisturizer dulu baru pakai perlindungan. Sebenarnya nggak masalah sih mau pakai langkah yang mana dulu. Tergantung bagaimana terasa nyaman di kulit kalian aja kok.

Tapi kalau aku sendiri aku lebih suka pakai moisturizer dulu baru setelah itu perlindungan. Karena menurutku lebih masuk akal sih. :P

Perlindungan yang dimaksud di sini adalah melindungi kulit dari sinar matahari, sinar biru, polusi, dll. Perlindungan yang paling penting adalah menggunakan sunscreen.

Menurutku sunscreen dibedakan menjadi 2 yaitu sunscreen sendiri dan sunscreen yang ada di dalam makeup. Aku pribadi lebih suka pakai sunscreen sendiri. Tapi kalau buru-buru harus keluar rumah aku juga sering pakai makeup yang mengandung sunscreen. Contohnya seperti tinted moisturizer dari Sariayu atau Cushion Aprilskin.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di area badan juga. Untuk yang jarang keluar rumah, pemakaian sunscreen bisa membantu melindungi kulit dari sinar biru atau blue light seperti cahaya dari smartphone, laptop, lampu, dll serta bisa mencegah tanda penuaan dini seperti noda hitam, keriput, bahkan fine lines. Exfoliation juga merupakan hal yang penting. Tetapi exfoliation tidak harus dilakukan setiap hari jadi tidak aku masukkan kedalam 4 langkah di atas. Paling tidak seminggu sekali exfoliation wajib dilakukan.

4 Cara yang aku sebutkan di atas merupakan cara yang paling basic. Produk bisa ditemukan di supermarket atau drugstore terdekat. Jangan malas membaca, bertanya, dan mencoba. Skincare memang penuh perjuangan trial and error. Kalau gagal ya dicoba lagi sampai ketemu yang klik. But it’s a fun journey! Kita jadi bisa tahu apa yang disukai kulit dan apa yang enggak.

Kalau bingung pilih skincare yang mana, PILIH UNTUK JENIS KULIT DAHULU. Fokus ke pemakaian skincare untuk jenis kulit kalian, barulah kalau sudah dirasa oke bisa merambah ke permasalahan kulit lainnya seperti jerawat, kerutan, dll. Untuk pemakaian serum, essence, atau obat jerawat lain juga bisa diselipkan di antara 4 langkah di atas. Makanya sangat penting untuk kita paham apa jenis kulit kita.

Contohnya nih kulit kalian tipe berminyak dan berjerawat, tapi kalian bingung harus mulai dari mana. Perlu diingat kalau jerawat tuh bukan jenis kulit. Jerawat adalah PERMASALAHAN KULIT. Jadi kalau bingung mau pakai skincare apa, mending pakai untuk yang berminyak dahulu. Barulah merambah skincare khusus berjerawat. Soalnya bisa jadi jerawatnya disebabkan oleh kulit berminyak yang tidak terawat kan. Jadi untuk urusan kulit ini memang penyelesaiannya harus satu persatu. Nggak bisa geradakan barengan semua.

Butuh waktu lama untuk merawat kulit. Makanan yang kita makan juga mempengaruhi kesehatan kulit loh. Jangan lupa minum air putih yang banyak dan makanan sehat. Toh kalau kulitnya cantik, kita sendiri kan yang senang. :D

Demikian artikel hari ini. Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post…xoxo.

Love your skin. It’s the largest organ on your body.

Let’s be friends!

facebook: Caaantik Beauty Blog

Instagram: girlysaputri

Youtube: girlysaputri

twitter: girlysaputri

About Girly Saputri

A Blogger, A Vlogger, and A Lover. I blog and vlog about beauty and hijabi.

Check Also

3ce stylenanda shimmer stick 4

Tips Menghilangkan Komedo dan Membuatnya Tidak Balik Lagi

Komedo pastinya masalah untuk semua perempuan. Terutama untuk yang memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.