Home / Motherhood / Cara Membacakan Buku untuk Anak 1 Tahun

Cara Membacakan Buku untuk Anak 1 Tahun

Mengajarkan anak untuk suka dengan buku adalah salah satu keinginanku. Karena aku sendiri suka dengan buku, maka hal ini cukup menyenangkan buatku. Buku adalah jendela dunia. Menurutku mengenalkan buku yang tepat kepada anak akan membantu membuka wawasannya terhadap dunia. Selain itu, buku juga bisa membantu imajinasi dan kecerdasan anak.

Nggak harus mahir membaca agar anak bisa menyukai buku. Mengenalkan buku bisa dimulai dengan mengenalkan warna atau gambar yang ada di dalam buku tersebut. Aku sendiri ketika awal mengenalkan buku, aku memperkenalkan buku tentang warna, jadi anakku lebih tertarik dengan warna. Sekarang di usia 21 bulan aku mulai mengenalkan dengan berbagai macam bentuk. Misalnya seperti Oval, Persegi, Segitiga dll.

Untuk membacakan buku ke anak 1 tahun, kalian harus kenali dulu karakter anak. Kalau bisa sih pilih buku yang menjadi ‘interest’ anak. Misalnya anakku, Gladys, yang tertarik dengan warna. Maka buku pertama yang aku kenalkan adalah bukuyang berisi tentang warna. Dengan begitu dia tertarik kepada buku tersebut.

Cara membacakan buku kepada anak 1 tahun juga berbeda dengan cara membaca kita biasanya. Jika kita biasa membaca buku dengan nada yang datar, anak-anak lebih suka nada suara yang tinggi dan ceria. Contohnya bisa kalian tonton di video ini:

 

 

Tentunya membaca buku untuk anak adalah hal yang perlu konsistensi tinggi. Jadi kuncinya hanya satu, yaitu rutin. Membaca buku adalah kebiasaan baik dan kebiasaan baik harus ditanamkan secara rutin. Hal seperti ini tidak bisa langsung muncul dengan sendirinya, ya kalaupun bisa biasanya karena si anak berinisiatif sendiri, tapi kalau nunggu anak punya inisiatif sendiri akan susah. Apalagi di era sekarang yang lingkungan teman-temannya pasti lebih banyak yang pegang gadget dibanding buku.

Tips penting untuk para orang tua adalah:

  1. Mulailah dengan jenis buku yang disukai anak. Kalau anak suka dengan warna, gunakan buku yang berisi tentang warna. Kalau anak suka dengan binatang, gunakan buku yang berhubungan dengan binatang. Jika anak kalian belum menemukan hal yang dia suka, well justru ini lebih bagus untuk menjadi awal pengenalan kepada buku. Tunjukkan dia apa saja yang ada di dalam buku mulai dari warna, objek, dll. Dengan menggunakan objek yang dia suka, maka anak akan tertarik dengan buku.
  2. Tidak perlu langsung fokus ke cerita. Bisa saja di awal mengenalkan buku tunjukkan gambar-gambar atau warnanya terlebih dahulu agar anak tertarik.
  3. Jangan memaksa anak. It always takes time. Jangan paksa dia untuk menyukai buku. Temukan hal yang disukai anak, lalu kenalkan hal tersebut melalui buku.
  4. Sabar dan konsisten. Tentunya ini adalah kunci utama yaa buibuuu..
Gladys, 6 bulan.

Kalian bisa mencontoh caraku membacakan buuku kepada anak seperti di dalam video yang telah aku tunjukkan. Semoga beruntung!

Terima kasih sudah membaca. Semoga postingan ini bermanfaat yaaa. I’ll see you on my next post. xoxo.

About Girly Saputri

A part time blogger. A full time home maker. I blog and vlog about beauty and motherhood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.