Home / Motherhood / Cara Menggosok Gigi Anak 1 Tahun Tanpa Drama

Cara Menggosok Gigi Anak 1 Tahun Tanpa Drama

Buat kalian yang punya anak berusia 1 tahun, pastinya gosok gigi adalah salah satu tantangan yang berat. Apalagi kalau mereka belum bisa menggosok gigi mereka sendiri. Padahal menggosok gigi adalah hal yang penting. Gigi adalah salah satu bagian dari mulut dan mulut adalah tempat masuknya makanan. Tentunya jika mulut dan gigi dalam keadaan sehat, makanan yang masuk juga akan mudah dan penuh gizi. Tetapi jika mulut dan gigi tidak dalam keadaan sehat, maka makananpun akan susah masuk. Ditambah lagi jika anak sakit gigi, pastinya makanpun makin susah. Sedangkan anak 1 tahun membutuhkan gizi yang banyak untuk memunuhi kebutuhan pertumbuhannya.

Aku sendiri sebagai orang tua pastinya sangat memperhatikan soal gosok gigi ini. Jadi aku membiasakan gosok gigi kepada anakku sejak dini yaitu sejak giginya mulai tumbuh. Bahkan sejak dari bayi aku sudah membiasakan untuk membersihkan gusi dan mulutnya. Sejak bayi aku menggunakan kasa yang aku bulatkan di jari lalu aku bersihkan lidah dan gusinya sambil bercerita bahwa aku sedang membersihkan giginya.

Menggosok gigi adalah sebuah kebiasaan baik yang harus ditanamkan sejak dini. Karena kebiasaan baik tidak bisa langsung muncul begitu saja. Harus dibiasakan agar anak terbiasa dan menganggap sebuah kebiasaan baik adalah hal yang wajar dan penting untuk dilakukan. Tidak semua orang bisa memulai kebiasaan baik sejak dini, maka dari itu sebagai orang tua menanamkan kebiasaan baik seperti gosok gigi adalah hal yang penting.

Aku share tentang tips dan trick yang lengkap di video berikut, kalian juga bisa melihat contoh aku menggosok gigi anakku:

Beberapa barang yang akan diperlukan untuk memulai kebiasaan baik menggosok gigi adalah:

  • Kain kassa. Kain kassa bisa digunakan sejak bayi. Dilapiskan ke jari lalu bersihkan area mulut bayi dengan jari yang telah dibalut. Jangan lupa untuk langsung membuang kassa setelah digunakan.
  • Sikat gigi silicon. Sikat gigi silicon yang dimasukkan ke jari ini bisa digunakan ketika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi. Waktu awal teething, sikat gigi ini menjadi salah satu alat teether yang pas buat G kecil. Selain itu, dengan sikat gigi silicon ini, orang tua juga lebih mudah mengontrol gerakan untuk menggosok gigi.
  • sikat gigi anak 1-2 tahun. Sampai saat ini, sikat gigi yang aku gunakan untuk G kecil (21 bulan) adalah sikat gigi untuk anak 1-2 tahun dengan merk Littletree. Sikatnya cukup kecil jadi pas untuk gigi baru tumbuh.
  • Pasta gigi yang mengandung fluoride. Ini merupakan hal yang penting. Karena pasta gigi yang mengandung fluoride akan melindungi gigi anak dari caries dan lubang kecil. Untuk anak usia di bawah 3 tahun, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride seukuran biji beras. Setelah 3 tahun keatas, seukuran jangung adalah saran dari dokter gigi.

Untuk urusan pasta gigi ini, aku memiliki sedikit pengalaman yang kurang menyenangkan. Di awal aku menggunakan pasta gigi organik untuk G kecil. Waktu itu memang aku merasa kalau pasta gigi organik yang paling aman untuk anak 1 tahun. Tapi ternyata kata dokter gigi hal ini salah. Pasta gigi organik belum tentu yang lebih baik dari yang non organik. Malahan disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena fluoride bekerja lebih baik untuk melindungi gigi anak.

Karena ketidak tahuanku, akhirnya Giginya G kecil mengalami plak putih yang akhirnya agak menguning. Kalau kata dokter, plak putih yang agak menguning itu bisa dibilang tanda awal dari karies. Nah aku panik dong. Masih 1 tahun masa udah karies. Akhirnya setelah dijelaskan oleh dokter kalau lebih baik pakai pasta gigi yang mengandung fluoride, akupun langsung mengganti pasta gigi G kecil. Lalu setelah seminggu rutin menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride, plak putih yang menguning itupun hilang. Huuuhu lega banget rasanya.

Maka dari itu, gosok gigi adalah hal yang penting dan harus rajin dibiasakan kepada anak. Kalian bisa mencontoh tips-tips dariku yang telah aku jelaskan di dalam video. Tentunya kalian bisa menyesuaikan dengan karakter anak kalian dan apa yang mereka sukai.

Apakah kamu sudah membiasakan anakmu gosok gigi?

Demikian artikel tentang cara menggosok gigi anak 1 tahun. Semoga bermanfaat buat kalian yaa. Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post…xoxo.

About Girly Saputri

A part time blogger. A full time home maker. I blog and vlog about beauty and motherhood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.