Home / Beauty Review / Avoskin Sunscreen: Sunscreen Merk Lokal Terbaik yang Aku Coba

Avoskin Sunscreen: Sunscreen Merk Lokal Terbaik yang Aku Coba

Perjalanan mencari sunscreen yang pas untuk jenis kulitku cukup rumit. Dengan kulit berminyak, pori-pori besar, dan juga dengan warna medium adalah beberapa alasan kenapa aku sangat pilih-pilih dengan sunscreen. Apalagi kebanyakan sunscreen yang beredar di pasar Indonesia adalah jenis physical sunscreen.  Dengan kondisi kulitku, tentu saja aku lebih suka memakai chemical sunscreen karena lebih ramah dengan jenis kulitku.

Pentingnya menggunakan sunscreen sudah aku sadari sejak usia 20 tahun. Sebelumnya, aku masih acuh terhadap penggunaan sunscreen. Tetapi setelah sadar bahaya sinar UVA dan UVB untuk kulit wajah, akhirnya aku jadi rajin menggunakan sunscreen. Aku juga cukup sering ganti merk sunscreen. Mulai dari merk yang banyak sekali dipuja-puji influencer hingga yang baru dan belum banyak yang pakai.

Tantangan utama dalam mencari sunscreen bagiku adalah aku mencari yang tidak whitecast. Sayangnya, hampir semua sunscreen yang beredar di pasar Indonesia selalu whitecast. untuk kulit medium sepertiku, whitecast bis sangat terliht dengan jelas. tentunya ini sangat nggak nyaman. Ada satu yang tidak menimbulkan whitecast, tetapi malah menimbulkan jerawat dan gatal-gatal di wajah. Susah juga rupanya kulit ini.

Belakangan ini aku mencoba sunscreen baru dari Avoskin yaitu The Great Shield dengan SPF 50 PA++++. Kebetulan pihak Indonesian Beauty Blogger dan Avoskin bekerja sama untuk mereview sunscreen terbaru Avoskin dan aku menjadi salah satu blogger yang terpilih.

Saat membaca kemasan dari Avoskin The Great Shield, aku sudah bisa mengira kalau ini adalah physical sunscreen. Secara pribadi, aku memang bukan penggemar physical sunscreen. Karena physical sunscreen adalah sunscreen yang selalu menimbulkan whitecast parah di warna kulitku dan juga menimbulkan efek berjerawat. Jadi biasanya aku selalu menghindari physical sunscreen.

Tetapi, Avoskin The Great Shield ini berbeda dari sunscreen lainnya. Kandungan yang ada di dalam Avoskin The Great Shield adalah kandungan physical sunscreen dan juga Chemical sunscreen. Di dalamnya terdapat Zinc Oxide, Titanium Dioxide, dan juga kandungan avobenzone yang merupakan kriteria chemical sunscreen. Dari ingredients nya, bisa dibilang kalau Avoskin The Great Shield adalah sunscreen hybrid antara physical dan chemical.

Kandungan lain yang ada di dalam Avoskin The Great Shield adalah Niacinamide dan Centella Asiatica. Niacinamide adalah ingredient favoritku karena banyak sekali manfaat yang bagus buat kulit berminyak. Selain itu, kandungan dari Avoskin The Great Shield juga bebas dari alkohol dan paraben. Sehingga untuk kulit seksitif, The Great Shield cukup aman digunakan.

Kemasan dari Avoskin The Great Shield cukup sederhana. Tidak banyak desain dan warna mencolok. Minimalistik seperti layaknya kemasan produk Avoskin yang lainnya. Sunscreen dilengkapi dengan pump untuk mengeluarkan produk. Tetapi sayang sekali, menurutku pump dari The Great Shield kurang bekerja dengan baik karena cukup susah dikeluarkan meskipun aku sudah pencet pumpnya berkali-kali.

Tekstur dari Avoskin The Great Shield berbeda dari beberapa physical sunscreen yang pernah aku coba. Avoskin The Great Shield memiliki tekstur lotion yang lebih mengarah ke cream. Tetapi saat aku berusaha mengeluarkan dari pump, seperti ada air yang belum tercampur. Well tentunya, pasti ada kandungan air di dalamnya. Cuma sedikit aneh saja karena aku berusaha mengeluarkan isi produk tapi yang keluar air. Nggak banyak sih, cuma sedikit banget. Sepertinya harus dikocok terlebih dahulu.

Pengaplikasiannya cukup mudah dibaurkan. Seperti yang kita ketahui, untuk physical sunscreen membutuhkan pengaplikasian paling tidak sebesar 2 ruas jari. Kebanyakan sunscreen dengan SPF tinggi pasti akan menimbulkan efek whitecast parah dengan pengaplikasian sebanyak itu. Tetapi untuk Avoskin The Great Shield, whitecast yang ditimbulkan cukup minimal. Sehingga untuk kulit dengan warna medium, warnanya tidak terlihat parah.

Sejujurnya, aku nggak setiap hari pakai sunscreen. Hanya saat keluar rumah saja yang memungkinkan aku terkena sinar matahari. Apalagi selama pandemi aku benar-benar total di dalam rumah kecuali memang harus pergi keluar rumah untuk keperluan tertentu. Jadi ya aku nggak pakai setiap hari. Tetapi kalau kalian sering terkena sinar matahari, wajib buat menggunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

Apalagi sinar UVA dan UVB cukup berbahaya buat kulit. Salah satu dampak negatifnya adalah munculnya penuaan dini. Mulai dari keriput, noda hitam, hingga kanker kulit yang berbahaya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memakai sunscreen. Jangan lupa juga, selain sunscreen perlindungan terbaik dari sinar matahari adalah shade. Bisa pakai payung, topi, atau apapun itu yang melindungi area wajah dari sinar matahari.

Secara pribadi, aku cukup terkesan dengan Avoskin The Great Shield Sunscreen ini. Sepertinya, satu-satunya sunscreen lokal yang aku suka ya cuma Avoskin The Great Shield Sunscreen ini. Ingredients nya yang unik membuat sunscreen ini menjadi ramah di kulit. Selain itu, hasil akhirnya juga terlihat bagus di kulit. Sepertinya karena ada kandungan niacinamide, setelah mengaplikasikan Avoskin The Great Shield Sunscreen ini aku  merasa kulitku jadi lebih rata.

Foto di atas adalah foto setelah aku mengaplikasikan Avoskin The Great Shield Sunscreen. Karena ada kandungan Centella Asiatica, jadi efek dikulit lebih menghidrasi dan nggak kering. Selain itu, kandungan Niacinamide sepertinya juga membuat kulitku lebih rata. Kalau diamati, ada sedikit whitecast yang timbul dari Avoskin The Great Shield Sunscreen, tetapi nggak banyak dan masih bisa ditoleransi. Jadi buatku sih okay aja.

Aku merekomendasikan Avoskin The Great Shield Sunscreen untuk kalian yang lebih suka physical sunscreen tetapi tidak ingin whitecast berlebih. Aku berharap kedepannya Avoskin bisa memperbaiki pump dari The Great Shield Sunscreen soalnya produknya agak susah dikeluarkan. Selain itu, Aku cukup puas dengan hasil produknya dan manfaat yang aku dapat. Harganya juga cukup terjangkau. Kalian bisa cek di website Avoskin untuk membeli produk ini.

Demikian review Avoskin The Great Shield Sunscreen dariku. Semoga reviewku bermanfaat dan bisa membantu kalian yang sedang mencari sunscreen lokal dengan minimum whitecast dan ramah di kulit. Terima kasih sudah membaca. I’ll see you on my next post!

About Girly Saputri

A part time blogger. A full time home maker. I blog and vlog about beauty and motherhood.

Check Also

Love Beauty and Planet Hope and Repair Shampoo Review

Belakangan ini ada brand yang baru masuk ke Indonesia dan cukup menyita perhatian banyak orang. ...

One comment

  1. happy banget aku tuh bisa nyobain sunscreennya avoskin, formulanya bagus banget soalnya di aku, nggak kayak topeng dan enak di blend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.