Home / Tutorials / Manfaat Guasha untuk Wajah

Manfaat Guasha untuk Wajah

Guasha adalah metode tradisional dari Cina yang juga sering disebut dengan kerokan. Kalau kerokan kita biasa kenal pakai koin. Tapi kalau guasha pakai suatu alat khusus. Biasanya alat yang digunakan adalah sejenis batu giok atau jade stone. Ada juga yang menggunakan Quartz stone bahkan kristal. Teknologi masa kini sudah semakin banyak alat-alat yang bisa dipakai guasha.

Pada dasarnya metode ini digunakan di badan. Untuk mengatasi pegal-pegal atau bahkan penyakit tertentu. Tetapi sudah banyak yang menggunakan Guasha untuk wajah juga. Aku adalah salah satu orang yang sangat menikmati Guasha untuk wajah.

Guasha untuk wajah adalah metode pijat wajah yang dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Alat yang aku gunakan untuk pijat wajah adalah Rose Quartz. Ada beberapa Rose Quartz yang memiliki bentuk berbeda. Tetapi yang aku pilih adalah bentuk yang salah satu sisinya seperti sisir dan ujungnya seperti gading.

Menurutku bentuk seperti ini adalah bentuk yang paling multifungsi. Bentuk ini juga mudah digenggam dan bisa dipakai di hampir seluruh area wajah bahkan tubuh kita. Aku membagi pemakaian Rose Quartz menjadi 4 bagian.

Bagian Rose Quartz

bagian pertama
bagian pertama: bagian seperti sisir atau 3 titik

Bagian pertama adalah bagian yang berbentuk seperti sisir. Bagian ini paling enak digunakan memijat area-area yang paling berat atau yang paling sering mengalami stres. Seperti area dahi, kulit kepala, bagian belakang kepala, dan juga dagu. Bentuknya bisa menekan 3 titik secara bersamaan.

bagian kedua: bentuk ujung gading

Bagian kedua adalah bagian yang berbentuk seperti gading. Bagian ini bisa digunakan untuk memijat pressure point atau memijat di satu titik. Biasanya aku sering menggunakan bagian ini untuk memijat area yang sempit atau butuh tekanan yg ekstra. Contohnya seperti di titik antara hidung dan mata, bawah rahang, dan juga bahu. Di area bahu paling berasa enaknya soalnya tekanannya bisa pas banget.

bagian ketiga: bagian dalam

Bagian ketiga adalah bagian dalam Rose Quartz. Bagian ini karena lebar, jadi lebih enak dipakai untuk pijatan yang nggak terlalu membutuhkan tekanan. Jadi cuma buat sculpting atau melancarkan peredaran darah saja. Biasanya aku pakai di pipi dan dahi.

bagian keempat: bagian luar sebelah ujung

Bagian yang terakhir adalah bagian luar Rose Quartz yang paling ujung. Bentuknya yang melengkung dan bisa menekan di pressure point yang sempit sangat cocok dipakai buat memijat area rahang. Aku juga suka pakai di area pelipis untuk menarik garis mataku agar nggak turun.

Sebenarnya masih banyak fungsi dari Guasha bentuk ini. Tetapi keempat poin di atas adalah yang paling sering aku gunakan.

Manfaat Guasha untuk Wajah

Ada banyak manfaat Guasha untuk wajah. Selain untuk kesehatan dan relaksasi, Guasha untuk wajah juga bisa digunakan untuk membentuk wajah atau membuat wajah menjadi lebih tirus atau ramping. Bisa juga digunakan untuk membentuk rahang menjadi lebih terlihat.

Aku sendiri sudah rutin pijat wajah selama 2 tahun. Selama ini aku menggunakan tangan karena menurutku lebih mudah. Tetapi kurang lebih selama 2 bulan ini aku menggunakan Rose Quartz sebagai rutinitas Guasha ku. Beberapa manfaat yang bisa didapat dengan rutin melakukan Guasha untuk wajah adalah:

  1. Lebih relaks. Ini yang paling aku rasakan. Setelah capek seharian aku langsung melakukan Guasha untuk wajah dan rasanya jadi lebih relaks.
  2. Peredaran darah lancar. Ini adalah manfaat yang nggak bisa langsung dirasakan sih. Aku sendiri bingung gimana rasanya peredaran darah lancar tuh. Tapi memang setelah rutin Guasha atau pijat wajah, aku yang dulu sering migrain jadi lebih mendingan nggak berasa migrain lagi. Meskipun migrainku penyebabnya karena kurang tidur sih. Tapi Guasha lumayan membantu juga.
  3. Untuk Kesehatan. Sinusku jadi lebih mendingan setelah rutin pijat wajah. Meskipun nggak membantu sepenuhnya, paling enggak sudah jarang hidung buntu lagi setiap pagi.
  4. Membentuk wajah. Untuk efek ini, aku belum merasakan secara nyata. Karena perlu pemakaian yang benar-benar rutin untuk ini. Selain itu, efek seperti ini tentunya juga perlu pemakaian jangka panjang. Selama ini aku hanya pakai seminggu 2-3 kali. Jadi aku belum merasakan banyak manfaat ini. Tetapi ada beberapa orang yang rutin melakukan pijat wajah dan memang hasilnya adalah wajahnya terlihat lebih tirus dan lebih naik.

Yang dimaksud lebih naik adalah wajahnya nggak turun. Oh ya ini ada video salah satu contoh efek pijat wajah untuk wajah yang lebih tua. Jujur deh aku terinspirasi sama dia untuk melakukan pijat wajah rutin. Dia usianya udah di atas 50 tahun tapi kulitnya masih 20 tahun. Klik di sini ya, karena nggak bisa play di website selain youtube soalnya.

Selain itu, lymphatic drainage juga menjadi manfaat Guasha wajah. Kalau kalian memiliki problem lymphatic drainage karena hypertyroid, Ini akan sangat membantu meredakan pembengkakan atau penyumbatan.

Cara Mudah Guasha untuk Pemula

Kalau kalian tertarik melakukan Guasha ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yng akan aku jelaskan di sini. Tapi kalian harus mempersiapkan beberapa hal, yaitu:

  • Face oil. Minyak wajah sangat penting agar proses Guasha jadi lebih lembut dan nggak sakit dipakai. Aku pakai The Ordinary Cold Pressed Virgin Marula Oil karena diantara seluruh face oil, menurutku Marula oil adalah yang paling ringan di kulit berminyak dan pori-pori besar.
  • Alat Guasha. Kalian bisa pakai jade stone, Rose Quartz, atau apapun. Aku sendiri pakai Rose Quartz dengan bentuk seperti yang aku jelaskan di atas. Kalian pilih saja yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Tentunya pilih juga bentuk yang paling nyaman.

Kalau kalian masih pemula banget, kalian bisa ikuti langkah-langkahku:

  1. Pakai face oil dan oleskan di wajah.
  2. Mulai pijat dengan 3 titik Rose Quartz di area pipi tepat di atas rahang. Pijat dengan tarik ke atas.
  3. Setelah itu lanjutkan di sisi hidung dan tarik kesamping. Pijatan ini enak banget kalau kalian punya masalah sinus.
  4. Gunakan pressure point yang ada di ujung Rose Quartz lalu pijat di ujung mata bagian dalam. Terutama area antara hidung dan mata.
  5. Selanjutnya kalian bisa gunakan 3 titik Rose Quartz untuk memijat area dahi dan pelipis.
  6. Kemudian gunakan bagian ujung Rose Quartz untuk memijat bagian bawah rahang agar rahang kalian makin terbentuk.

Untuk lebih lengkap hingga pijat sampai ke leher dan bahu, kalian bisa tonton video ini:

Menurutku Guasha untuk wajah memang sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk relaksasi tetapi juga untuk menfaat lainnya. Kalian bisa mencoba Guasha dengan menggunakan tangan terlebih dahulu jika menurut kalian Guasha menggunakan alat terasa agak ribet. Karena menggunakan tangan lebih fleksibel jadi aku merekomendasikan mencoba dengan tangan terlebih dahulu. 🙂

Sekian tulisanku hari ini. Semoga bermanfaat untuk kalian yaa. I’ll see you on my next post!

About Girly Saputri

A part time blogger. A full time home maker. I blog and vlog about beauty and motherhood.

Check Also

Tutorial Makeup Kondangan dengan Carli Bybel Palette

Memasuki bulan April mulai banyak undangan pernikahan yang datang. Katanya sih ini bulan yang bagus ...

2 comments

  1. Aku kalau guasha belom punya, tapi pakenya roller jade. Kalau dilihat dari manfaatnya kyknya mau punya juga neh guasha biar makin totalitas merawat kulit hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.